AKTIFITAS MENYENANGKAN YANG BISA KAMU LAKUKAN DENGAN AUGMENTED REALITY (AR)

0 0
Read Time:5 Minute, 24 Second

AKTIFITAS MENYENANGKAN YANG BISA KAMU LAKUKAN DENGAN AUGMENTED REALITY (AR)

Augmented reality (AR) mengacu pada teknologi yang melapisi informasi digital atau objek virtual ke dunia nyata, meningkatkan persepsi dan interaksi kita dengan lingkungan. Tidak seperti realitas virtual, yang menciptakan lingkungan yang sepenuhnya disimulasikan, AR menggabungkan elemen yang dihasilkan komputer dengan dunia nyata dalam waktu nyata.

AR biasanya mengandalkan perangkat seperti smartphone, tablet, atau kacamata yang dapat dikenakan untuk menampilkan konten yang ditambah. Perangkat menggunakan kamera dan sensornya untuk menangkap tampilan dunia nyata dan kemudian melapisi grafik digital, teks, model 3D, atau animasi ke layar, memadukannya dengan mulus dengan lingkungan pengguna.

AR dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain:

  1. Hiburan dan Permainan: AR telah menjadi populer dalam permainan, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan karakter atau objek virtual di lingkungan nyata mereka. Game seperti Pokémon Go dan Harry Potter: Wizards Unite memanfaatkan teknologi AR.
  2. Pendidikan dan Pelatihan: AR dapat meningkatkan pengalaman belajar dengan menyediakan konten yang interaktif dan imersif. Ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan konsep kompleks, mensimulasikan eksperimen virtual, atau memberikan panduan dan tutorial interaktif.
  3. Navigasi dan Pencarian Arah: AR dapat memberikan petunjuk arah dan informasi waktu nyata kepada pengguna, menghamparkan isyarat navigasi ke tampilan dunia nyata. Ini bisa sangat berguna untuk navigasi pejalan kaki atau menjelajahi lingkungan yang tidak dikenal.
  4. Ritel dan E-niaga: AR dapat dimanfaatkan oleh pengecer untuk menawarkan pengalaman uji coba virtual untuk pakaian, kosmetik, atau furnitur. Ini memungkinkan pelanggan untuk memvisualisasikan produk di ruang mereka sendiri sebelum melakukan pembelian.
  5. Aplikasi Industri dan Teknik: AR dapat membantu pekerja dalam pengaturan industri yang kompleks dengan memberikan informasi, instruksi, atau overlay virtual pada mesin atau peralatan secara real-time. Itu dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan.
  6. Perawatan Kesehatan dan Kedokteran: AR memiliki aplikasi dalam pelatihan medis, perencanaan operasi, dan visualisasi data pasien. Ini dapat membantu dokter dan ahli bedah lebih memahami struktur anatomi yang kompleks atau memberikan panduan waktu nyata selama prosedur.

Teknologi AR terus berkembang, dan aplikasi potensialnya berkembang di berbagai industri. Dengan kemajuan dalam perangkat keras dan perangkat lunak, kita dapat berharap untuk melihat penggunaan AR yang lebih inovatif di masa mendatang.

Augmented reality (AR) udah jadi teknologi pendukung yang kondang untuk usaha dan organisasi didalam sebagian tahun terakhir. Banyak perusahaan yang jalankan investasi pada teknologi AR dan menggunakannya sebagai sarana untuk mendorong inovasi, kreaktivitas dan kegiatan membangun tim.

Tapi apa itu augmented reality? Pada dasarnya, AR adalah pengalaman interaktif di mana konten digital diproyeksikan ke dunia fisik didalam bentuk 3D.

AR bisa digunakan untuk melibatkan audiens bersama dengan langkah baru dan menarik. Selain itu, banyak kegiatan augmented reality yang sedia kan langkah unik bagi tim untuk menjalin ikatan dan bekerja sama.

Bagi kamu yang baru mengenal teknologi ini, AR bisa bersama dengan ringan dibingungkan bersama dengan virtual reality (VR). Perbedaan utama antara keduanya adalah AR memproyeksikan elemen digital ke dunia nyata. Di sisi lain, VR membawa dampak suatu dunia virtual yang terdiri berasal dari objek 3D interaktif.

Aplikasi AR erat kaitannya bersama dengan multimedia itu sendiri, didalam penerapannya aplikasi AR dirancang untuk mengimbuhkan interaksi dan informasi yang lebih teliti berasal dari suatu objek secara dua dimensi atau tiga dimensi.

Pemanfaatan teknologi Augmented Reality didalam multimedia benar-benar berpengaruh di sebagian bidang, yaitu didalam bidang pendidikan, kesehatan, entertainment, bisnis, manufaktur, militer, desain rekayasa, robotik, dan lain sebagainya.

Dalam pembangunan konsisten kala ini kegunaan AR benar-benar pas diterapkan di berbagai bidang multimedia, sebab akan tingkatkan interaksi dan efektifitas didalam penyampaian suatu informasi.

Pada bidang pendidikan teknologi AR bisa merangsang pola pikir peserta didik didalam berpikir parah pada suatu persoalan dan perihal yang terjadi didalam lingkungan atau keseharian.

Berikut adalah langkah dimana tim kamu bisa gunakan kegiatan augmented reality untuk tingkatkan kolaborasi group dan tingkatkan produktivitas! Apa sajakah langkah tersebut?

Team Building

Aktivitas team building gunakan AR merupakan langkah yang bagus untuk membangun interaksi erat bersama dengan sesama rekan kerja. Aktivitas augmented reality ini bisa mengeluarkan rekan kerja kamu berasal dari zona nyaman bersama dengan memperkenalkan tantangan yang menggembirakan serta interaktif.

Dengan AR, kamu bisa membawa dampak berbagai macam game berasal dari scavenger hunt hingga balapan virtual. Game-game berikut perlu tim untuk bekerja serupa agar bisa memecahkan teka-teki dan merampungkan urutan cerita.

Menggabungkan kegiatan augmented reality bersama dengan team building bisa mengeratkan interaksi sesama rekan kerja lewat pengalaman bersama dengan yang unik. Walaupun AR bisa jadi investasi yang mahal, kamu tetap akan menghemat cost operasional seperti transportasi dan akomodasi.

Presentasi dan Visualisasi yang Interaktif
AR termasuk bisa menolong kamu dan rekan kerjamu untuk membawa dampak presentasi bersama dengan visualisasi yang menarik dan interaktif. AR bisa menolong audiens memahami topik kompleks bersama dengan lebih baik.

Alih-alih mengandalkan slide dan konten teks yang berat, kamu bisa mengimbuhkan elemen interaktif ke presentasi tersebut. Kamu bisa mengimbuhkan style 3D, grafik, infografis, dan visual lainnya. Semua aset digital berikut bisa dibuka bersama dengan ringan bersama dengan perlindungan smartphone atau kacamata AR seperti Google Glass.

Membuat Proyek yang Kolaboratif
Jika kamu mengidamkan membawa dampak proyek berkolaborasi bersama dengan tim kamu maka AR merupakan teknologi yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa membawa dampak papan tulis bersama dengan yang bisa dibuka oleh banyak pengguna dan share gagasan secara real-time.

AR termasuk bisa digunakan untuk membawa dampak style 3D yang bisa dilihat dan dimodifikasi oleh sesama rekan kerja berasal dari berbagai sudut dan perspektif. Hal ini bisa mempermudah tim untuk berkolaborasi didalam tugas yang kompleks. Contoh berikut menjadikannya AR teknologi yang sempurna bagi para profesional di bidang arsitektur, teknik, dan desain.

Itulah sebagian kegiatan augmented reality yang bisa kamu jalankan bersama dengan rekan kerja kamu. Apakah kamu tertarik bersama dengan informasi di atas?

Jangan lewatkan juga Deposit Dana

REFERENCES

  1. Yudhastara, Brian. 2012. Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Hewan pada Anak Usia Dini Secara Virtual. [online], (https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/698/jbptunikompp-gdl-muhammadfa-34865-8-unikom_m-.pdf, dibuka tanggal 2 Januari 2019)
  2. Perdana, Mukhlis Yuzti, Yuli Fitrisia, Yusapril Eka Putra. 2012. Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android. jurnal.pcr.ac.id.
  3. Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi didalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta
  4. Azuma, Ronald T. 1997. A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators plus Virtual Environments 6.
  5. Rahmat, Berki. 2011. Analisis dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality. Medan: Universitas Sumatera Utara.
  6. Fernando, Mario. 2013. Skripsi: Membuat Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Manado: Universitas Klabat Manado.
  7. Ramadar, Pelsri. 2014. N.S Flartoolkit Flash Augmented Reality Alt Actionscript. Online.
  8. Sutoyo, T, dkk. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi.
  9. Shapiro, Linda dan George C. Stockman. 2001. Computer Vision. New Jersey: Prentice-Hall

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %